211201082919-pbmi-peduli-warisan-budaya-bangsa.jpeg

Peserta

Peringati Hari Keris Nasional Perguruan Beladiri Matahari Indonesia  PBMI mengirimkan siswa untuk turut serta dalam kegiatan yang diadakan oleh FPPSKI (Forum Pelestari Pencak Silat Keris Indonesia) bersama Senapati Nusantara, GELAR FESTIVAL PENCAK SILAT KERIS pada hari Minggu 28 November 2021 bertempat di Gedung Taman Benyamin Suaeb Jatinegara, Jakarta Timur.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka untuk memperingati Hari Keris Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November 2021. Kegiatan tersebut dibuka pada pukul 08.00 WIB dengan dihadiri oleh seluruh jajaran pengurus pusat FPPSKI, perwakilan Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, dan beberapa tamu undagan. Kegiatan tersebut dimulai dengan sambutan dari Sekretaris Jenderal FPPSKI Narwan Riyadi, Dewan Pembina FPPSKI Suhelman Edianto. S.H., yang merupakan salah satu Master dari PBMI, Wakil Sekretaris Jenderal Senapati Nusantara Nurjianto, dan Bpk. Encu Suhani selaku Kepala Unit Pengelola Gedung Pertunjukan Seni Budaya Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta yang mewakili Pihak Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

Dalam sambutannya Suhelman Edianto. S.H. selaku Dewan Pembina FPPSKI, menyampaikan dan menegaskan agar seluruh anggota FPPSKI terus menambah kesadarannya untuk tidak hanya bergerak secara kooperatif dilapangan dalam upaya pelestarian keris tetapi juga mampu mensosialisasikan kegiatan-kegiatan FPPSKI melalui jejaring media sosial, “Saya merasa bangga dan terharu dengan perjuangan dan semangat para adik-adik generasi muda yang sangan hari ini mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh FPPSKI, kalian sudah luar biasa namun perlu saya sarankan baiknya selain koopertif dalam menjalankan kegiatan guna untuk melestarikan pencak silat keris, kalian juga harus lebih kompak untuk menosialisasikan pencak silat keris Indonesia dengan memanfaatkan jejaring media sosial agar keberadaan pelestarian pencak silat keris di Indonesia dapat lebih dikenal secara luas oleh kalangan masyarakat” [tegasnya].

PBMI sendiri mengirimkan tim pesertanya di bawah divisi Pencak Silat Matahari Indonesia, yang di wakili oleh Rifki Mualif dan Sandi Budi Wirawan sebagai peserta. PSMI  merupakan bagian dari PBMI yang membidangi kegiatan siswa siswinya untuk meraih Prestasi . Meskipun masih belum mendapatkan Juara tetapi penampilan sudah cukup mewakili Perguruan dan menjadi bukti nyata bahwa PBMI peduli dalam membangun karakter generasi muda untuk mengenal Budaya Bangsanya. Meskipun belum cukup bagus tetapi  bisa menjadi awal untuk terus ikut berkiprah dalam pencak silat tradisi yg diadakan baik di IPSI maupun organisasi lain yg membidangi seni dan prestasi.

Harapan kedepan PBMI bisa lebih banyak lagi dalam meraih prestasi  dari segi olahraga ataupun seni.

 

Penulis : Suparyo (PBMI, Pelatih Utama III)

 

Twitter Facebook