Perguruan Beladiri Matahari Indonesia merupakan beladiri dengan aliran KATEDA yang masih murni mempelajari dan mengembangkan ilmu KATEDA. Perguruan Beladiri Matahari Indonesia masuk ke dalam naungan Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) dan aktif didalam IPSi.

1. Pengenalan Diri

Proses pembelajaran yang dilakukan adalah proses pengenalan diri masing-masing peserta dengan melakukan pernapasan. Pernapasan yang dilakukan sangat berbeda dengan perguruan lain dan dilakukan secara bertahap per anggota tubuh, sehingga setiap peserta latihan akan sangat mengenal anggota tubuhnya masing-masing, baik itu anggota tubuh bagian luar maupun anggota tubuh bagian dalam. Dengan mengenal anggota tubuh, otomatis dapat mengatur sirkulasi aliran darah, oksigen dan energi didalam tubuh, serta dapat difokuskan pada salah satu anggota tubuh yang diinginkan. Dengan mengenal diri sendiri, maka perserta latihan akan semakin dekat dengan sang pencipta Yang Maha Esa.

2. Beladiri

Selain pernapasan, peserta latihan juga melatih jurus-jurus. Jurus-jurus juga dibagi dalam beberapa tahap sesuai dengan tingkatan dan tentunya sekaligus melatih penyaluran energi.
Jurus yang dilatih:

  1. Jurus Perguruan
  2. Jurus Wajib IPSI

3. Efek Latihan

Setiap olah raga selalu ada efek terhadap tubuh kita masing-masing. Dan tentuk jika berlatih di Perguruan Beladiri Matahari Indonesia juga ada efek dari latihan, diantaranya:

a. Refleks yang baik

Dengan berlatih jurus-jurus, tentu akan sangat membantu meningkatkan reflex, seperti reflex dalam menangkis, memukul dan menendang. Ini sangat baik bagi diri sendiri jika suatu saat ada bahaya yang datang menyerang.

b. Penyembuhan dengan cepat

Setelah diberikan latihan tentang pernapasan dan beladiri, tenatu akan dilihat kemampuan dari masing-masing peserta latihan dengan melakukan tes pada peserta latihan. Tes yang biasa dilakukan saat berlatih yaitu dengan diberikan pukulan oleh rekan-rekan sesama peserta dan peserta latihan akan melatih kecepatan dalam menghilangkan rasa pukulan tersebut. Orang-orang yang melihat akan memiliki kesan bahwa peserta latihan tahan pukul.
Penyembuhan dengan cepat juga dapat dirsakan peserta latihan pada saat mengalami luka atau sakit. Dengan berlatih mengenal diri sendiri, maka daya tahan tubuh peserta latihan akan baik dan dengan cepat menyembuhkan luka dan sakit.

  • Menjaga Kesehatan
  • Meningkatkan Disiplin
  • Meningkatkan Konsentrasi belajar dan menerima pelajaran
  • Meningkatkan Daya Tahan tubuh
  • Menetralisir berbagai macam penyakit dan ketergantungan pada NARKOBA (latihan harus rutin)
  • Meningkatkan fisik dan stamina
  • Melancarkan peredaran darah